Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh OJL ( On The Job Learning ) Untuk Calon Kepala Sekolah/Madrasah

Contoh OJL ( On The Job Learning ) Untuk Calon Kepala Sekolah/Madrasah

Contoh Laporan  OJL ( On The Job Learning ) Untuk Calon Kepala Sekolah/Madrasah

Dalam rangka meningkatkan mutu kepala sekolah/madrasah, pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah. Permendiknas ini memuat sistem penyiapan Calon Kepala Sekolah/Madrasah, proses pengangkatan kepala sekolah/madrasah, masa tugas, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah, Mutasi dan Pemberhentian Tugas Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah.
Contoh Laporan  OJL ( On The Job Learning ) Untuk Calon Kepala Sekolah/Madrasah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi tujuan laporan ini adalah untuk mengetahui dan dapat meningkatkan: Menghasilkan kepala sekolah yang mampu mengembangkan dan meningkatkan 5 kompetensi berdasarkan Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007, Kompetensi yang dimaksud berupa kompetensi,

  1. Kepribadian, 
  2. Manajerial,
  3. Sosial, 
  4. Kewirausahaan, dan 
  5.  Supervisi. 
Menghasilkan kepala sekolah yang dapat mengarahkan dan menggerakkan guru untuk meningkatkan kuwalitas pembelajaran di sekolah. Menghasilkan kepala sekolah yang mampu mengidentifikasi masalah yang terkait dengan standar nasional pendidikan (SNP). Menghasilkan kompetensi manajerial melalui pengkajian RKS, pengelolaan kurikulum, pengelolaan keuangan, pembinaan tenaga administrasi sekolah, pengelolaan peserta didik, pengelolaan sarana prasarana sekolah, pengelolaan pendidikan dan tenaga kependidikan, dan sistem monitoring dan evaluasi pada SDN Paas 06 . Menghasilkan kepala sekolah yang mampu melakukan supervisi akademik kepada guru dengan teknik yang benar.

Contoh Laporan  OJL ( On The Job Learning ) Untuk Calon Kepala Sekolah/Madrasah
Setelah kegiatan On The Job Learning ini dilakukan maka sebagai calon kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk : 
  1. Mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam setiap kegiatan OJL, khususnya pada pelaksanaan RTK. Mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam setiap kegiatan OJL, khususnya pada pelaksanaan RTK. 
  2. Mengintegrasikan nilai-nilai kepemimpinan yang selalu menempatkan pembelajaran pada prioritas utama dalam pengambilan keputusan. 
  3. Meningkatkan kemampuan guru kelas dan mata pelajaran dalam membuat media pembelajaran (power point). 
  4. Menyusun perangkat pembelajaran (RPP, bahan ajar dan evaluasi) sesuai standar. 
  5. Memetakan kesenjangan sekolah sendiri dan sekolah magang lain dan menyusun alternatif solusi untuk mengatasi kesenjangan. 
  6. Melaksanakan pra-observasi, observasi dan post-observasi dalam supervisi guru junior
Untuk lebih jelasnya tentang Contoh Laporan Penyusunan laporan OJL ( On The Job Learning ) Untuk Calon kepala Sekolah bisa di unduh di tautan link di bawah ini :

Download File :